Pages - Menu

Sabtu

DAMAI DALAM YESUS KRISTUS








Salam Sejahtera dalam Yesus Kristus

Blog ini dikelola secara pribadi, karena itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan denominasi atau gereja atau aliran atau sekte apapun dan manapun. Karena merupakan pergumulan spiritual saya pribadi, maka blog ini saya beri nama sebagai "pergumulan spiritual", karena memang berisi catatan hasil (yang sekaligus juga masih dalam proses) pergumulan saya sebagai orang Kristen. Pergumulan spiritual saya merupakan upaya pertanggungjawaban pribadi pada Sang Khalik untuk memahami kehendakNya, dan sekaligus perwujudan dari tanggungjawab untuk memanggul salib yang menjadi tanggungjawab saya.

Publikasi proses dan hasil pergumulan spiritual saya, saya publikasikan dalam blog dengan harapan akan mendapat tanggapan banyak orang, termasuk para teolog, yang akan menghasilkan diskusi, yang jika dilakukan dengan ketulusan dan kepala dingin tanpa perlu memberi predikat sesat, saya yakin akan menghasilkan pemahaman yang  lebih baik mengenai kehendak Tuhan. Tentu saja, sebagai seorang awam yang sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan teologi dan baru pada masa tua mulai mencoba mempergumulkan Firman Tuhan, bisa jadi bagi banyak orang pikiran-pikiran saya dirasa sesat. Karena itu, saya akan sangat berterimakasih kalau ada yang bersedia membantu saya meluruskan pikiran saya, tentu saja dengan argumentasi dan diskusi yang disemangati oleh cintakasih.
Dalam pergumulan spiritual saya, saya tentusaja seringkali harus mempergumulkan ajaran berbagai denominasi atau gereja atau sekte dan menyikapi ajaran tersebut. Karena itu, saya yakin saya akan selalu berseberangan dengan berbagai ajaran dari sekte, gereja atau denominasi tertentu, bahkan gereja saya sendiri, bahkan lebih jauh lagi ada kemungkinan secara keseluruhan bisa jadi berbeda dengan semuanya. Namun demikian, bukan maksud saya untuk mengatakan bahwa ajaran tertentu yang tidak sesuai dengan jalan pikiran saya adalah salah, apalagi sesat. Apa yang saya ungkapkan dalam blog ini sepenuhnya merupakan laporan atas hasil pergumulan saya mengenai berbagai masalah yang ada hubungan dengan Firman Tuhan maupun dengan kehidupan sebagai pribadi dalam keluarga, gereja dan masyarakat luas. Buat saya, perbedaan pikiran adalah hak setiap orang, karena itu, siapa saja mempunyai hak untuk mengungkapkan pendapatnya, sekalipun berbeda dengan pendapat mainstream, atau bahkan dengan gereja saya sendiri.
Sebagai sebuah blog yang dikelola secara pribadi, maka tanggungjawab isi blog ini sepenuhnya ada pada admin (saya sendiri).

Akhirnya, saya ucapkan terimakasih kepada mereka yang telah bersedia mengunjungi blog sederhana ini, dan saya sangat mengharap mendapatkan komentar dan tanggapan dari pembaca. Semaksimal mungkin saya akan berusaha sesegera mungkin menanggapi komentar pembaca. Namun demikian, jika ada keterlambatan tanggapan balik saya, sama sekali bukan disebabkan karena ketidak sukaan saya pada tanggapan pembaca, tetapi benar-benar karena masalah waktu. Apapun tanggapan pembaca dan bagaimanapun cara pengungkapannya, saya akan sangat berterima kasih, karena bagaimanapun, sesungguhnya tanggapan pembaca merupakan bukti perhatian pada saya dan pemikiran hasil pergumulan saya.

Salam hormat



Hadi Wahono



DAFTAR ISI BLOG








Tidak ada komentar: